Uang dan apa yang (baiknya) kita lakukan padanya.

Sebagai manusia yang berada di bawah naungan rasi bintang Taurus, uang merupakan satu dari beberapa hal yang (katanya sih) kami para Taurean handal dalam menanganinya. Bisa jadi benar, bisa juga tidak. Anyway, intinya mah, di postingan ini saya mau berbagi tentang apa itu uang dan bagaimana memanfaatkan mereka.

APA SIH UANG ITU?

Uang adalah alat tukar! ya, itu jawaban yang akan kita temukan kalo buka buku IPS kelas 2 SMP, atau kalo buka wikipedia juga sih. Nah, jadi selayaknya alat tukar, kita harus paham dulu kalo gunanya uang itu ya emang buat ditukar……dengan beragam hal yang kita butuhkan atau kita inginkan (Jadi kalo kamu butuh perhatian, kayaknya gak bisa deh dibeli pake uang. Eh mungkin bisa aja sih ya kalo jaman sekarang gini. Entahlah)

selama-januari-2014-rupiah-hanya-melemah-07-persen.jpg
Kenalin, mereka adalah rupiah, uang-nya Republik Indonesia. Oh udah kenal ya?  Bagus!

Nah setelah menyamakan persepsi tentang uang si alat tukar, maka kedepannya kita akan lebih gampang mengatur penggunaan si alat tukar yang sudah disepakati bersama di suatu daerah/ negara ini. Karena merupakan alat tukar, jadi sah aja kalo kita tukar uang-uang yang kita dapat dengan buku, baju, gadget, makanan enak, jalan-jalan kemana gitu, atau dihamburin aja di jalan untuk ditukar dengan kebahagiaan mereka-mereka yang berebutan ngambilin uang gitu kan. Terserah kitalah pokoknya. Tapi…. kita juga perlu ingat bahwa kita hidup bukan hanya untuk sekarang tapi juga besok, dan nanti. Dari itulah, si alat tukar ini baiknya jangan kamu tukerin semua dengan segala hal yang bisa bikin kamu bahagia sekarang. Nanti kamu gimana? Makanya kamu harus…

MENABUNG

Duh, nasehat yang old school banget ya. ME-NA-BUNG! Susah-susah gampang nih kegiatan yang satu ini, tapi percaya deh, nabung itu gak ada ruginya. Nah biar kita rajin nabung, kita harus punya tujuan dulu. Buat apa sih uang yang ditabung ini nantinya? Buat beli mobil, rumah, biaya kuliah, atau buat beli hadiah untuk mamah. Selayaknya hidup yang butuh motivasi, nabung juga harus jelas tujuannya, jadi kita akan makin terarah. Pernah saya baca di sebuah artikel katanya sih, rasio tabungan yang bagus tuh kalo perbulannya kita bisa menyisihkan 10-30% dari pendapatan kita untuk ditabung. Tadinya, di situs QM Financial, ada kalkulator pendapatan gitu, berapa persen yang layak kita belanjakan, berapa ditabung, berapa buat lain-lainnya… tapi sekarang udah gak ada 😦

save_money_with_managed_services.png
Tuh, beberapa alasan yang mungkin bisa jadi penyemangat kamu untuk nabung.

Karena menabung adalah salah satu dari banyak hal-hal kecil yang saya suka lakukan dalam hidup ini, saya mau sharing beberapa cara menabung yang menyenangkan, ringan, tapi  lumayan berdampak signifikan (tsaelah….) Coba klik aja LINK INI.

Selain ditabung, hal lain yang bisa kamu lakukan dengan uang adalah…

 

BERBAGI

Kamu dapat uang seneng gak? Seneng dong! Terus kamu pernah denger  gak pepatah Inggris yang bunyinya “A shared sadness is half the sadness, a shared happiness is twice the happiness” ? nah kalo belum pernah, setidaknya sekarang kamu udah baca pepatah itu ya.

Kalau di dalam islam, ada kewajiban zakat agar manusia saling berbagi dan membantu saudaranya sesama manusia. Banyak jenis zakat, tapi ada zakat yang baiknya kita keluarkan tiap abis gajian atau dapat penghasilan, besarannya gak banyak kok, cuma 2.5%, paling juga gak sampe bisa kebeli mobil baru tuh jumlah segitu, tapi bisa membuat orang lain terbantu. Kalo dalam Islam disebutkan bahwa zakat itu bisa menyucikan harta yang kita punya, karena sesungguhnya 2.5% dari yang kita dapat itu merupakan hak orang lain.

Kalau mau dilihat dari aspek manusiawinya, memberikan uang ke orang yang membutuhkan bisa bikin kita senang sih, jadi berasa berguna aja gitu kan, feels like a hero, bro. Iya gak sih? kalo saya sih gitu… (dih maksa.)

tumblr_mlsxwgzbHZ1s9oim5o1_500.png
Kalau kita bikin manusia bahagia, Tuhan yang menciptakan manusia juga pasti akan bahagia ngeliatnya.

HAMBURKAN!!!!

Yes darling, hamburkan uang mu karena memang itu hakikatnya uang. Spend it, spend them all! Balik lagi sih ke statement pembuka diatas, bahwa uang adalah alat tukar yang gunannya ya ditukarkan dengan apapun yang bisa ditukar dengan uang (duh muter-muter ya, kak.)

Yaudah lah, kalo masalah menghamburkan uang mah kayaknya semua orang udah jago ya, jadi gak perlu ada pembahasan panjang soal ini. KAMU UDAH AHLI, DAN KITA SEMUA TAHU ITU. Tapi nih ya, katanya sih, penghamburan uang itu dibagi dalam dua kelompok besar, yakni kelompok BIAYA HIDUP yang idealnya makan porsi maksimal 40% dari pendapatan dan kelompok GAYA HIDUP yang idealnya (katanya sih) menghabiskan 15 % dari total pendapatan kita perbulan.

BIAYA HIDUP meliputi berbagai kewajiban seperti bayar tagihan, beli makanan, transportasi, atau hal-hal lain yang kalo gak kita bayar/beli maka runyamlah sudah kehidupan kita. Nah kalo post gaya hidup itu…. hm… semacam hal-hal cukup membantu kita dan kita butuhkan juga sih ya, tapi gak segenting itu untuk tetap diperjuangkan. Contohnya, kita butuh ngopi gitu kan ya untuk tetap fokeus menjalani aktivitas sehari-hari, nah kopi-nya ini bisa masuk pos BIAYA HIDUP, tapi ngopi merk apa atau ngopi di mana-nya ini bisa masuk pos GAYA HIDUP. Jadi pinter-pinternya kita ajalah menyiasatinya. Gimana, udah jelas belum? Kalo belum jelas, ya…. gimana ya. Saya-nya udah lelah nih ngetik beginian. Jadi resiko kamu sendiri lah ya kalo belum jelas. Salah sendiri gak gampang ngerti! (dih galak ya.) Hahahaha well anyway, sampai jumpa di postingan selanjutnya yang entah akan membahas tentang apa.

“When it’s a question of Money, everybody is the same religion” -Voltaire

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s